INGIN IKLAN ANDA DISINI ?
Dapatkan Tawaran Menarik
Silahkan Kontak Admin
Terima Kasih


Penjelasan Ayat Alqur'an Tentang Ujian dan Cobaan - Dalam Al - qur'an Surat Al-Baqarah : 155 Tentang Ujian dan Cobaan

Lafal ayat.

dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.

Arti mufradat.

ولنبلونكم     : Kami  sungguh akan mencoba kalian.
بشيء         : Dengan sedikit.
الخوف        : Ketakutan.
نقص          : Kekurangan.
الأموال        : Harta.

http://www.ponpeshamka.com/2015/11/penjelasan-ayat-alquran-tentang-ujian.html

Dan benar-benar akan kami coba kamu dengan sesuatu dari jenis ketakutan,    kelaparan,kekurangan harta, jiwa dan buah- buahan.

Ayat ini menjelaskan bahwa orang yang beriman akan selalu diuji Allah terus – menerus dengan berbagai macam cobaan (lanabluwanna). Ibnu Katsir mengartikan kata tersebut dengan biqalilin min dzalika ( sedikit dari itu). Walaupun ujian itu dirasakan oleh manusia sangat berat namun pada hakikatnya adalah sedikit.

Walaupun Allah telah menegaskan akan adanya ujian dan cobaan, Allah juga memberikan pengajaran berupa sabar dan shalat sebagai penolong dalam menghadapinya.Hal ini pernah dilakukan Rasulullah. Seperti yang diriwayatkan oleh huzaifah bin Abdil Yaman.

Pada hakikatnya ujian yang diberikan Allah itu adalah untuk mengetahui sejauh mana kwlitas iman seseorang dalam menguasai dan mengamalkan ajaran yang diberikan Allah.

Materi ujian yang pertama adalah  rasa takut. Rasa takut disini ada yang mengartikan dengan “keresahan hati”. Yaitu keresahan yang terhadap hal yang buruk atau terhadap hal-hal yang akan terjadi. Sebagian mufassir mengartikan dengan musuh yang dihadapi dalam perperangan.

Ujian selanjutnya adalah kelaparan dan kemiskinan.Jika ujian ini dirasakan oleh orang yang miskin maka ujian itu tidak akan menjadikan dia lupa diri, dan mengambil hak orang lain dengan cara yang tidak dibenarkan syar’i.

Ujian dan cobaan berikutnya adalah kakurangan jiwa. Kematian adalah sebagai ujian  bagi orang yang ditinggalkan.

Kekurangan buah-buahan juga termasuk salah satu jenis ujian yang diberikan Allah. Ibnu Katsir mengartikan dengan tidak berbuahnya tanaman yang ditanam di sawah atau di ladang.

Setelah Allah sebutkan bentuk-bentuk ujian dan cobaan Allah memberi kabar gembira kepada orang-orang yang sabar. Sikap sabar adalah dampak psikologis yang timbul  dan terucap dari mulut orang yang menjalani ujian dan cobaan, yaitu :” Kami ini milik Allah dan akan kembali kepadaNya”. Itulah orang yang mendapat perlindungan dan rahmat serta petunujuk dari Allah.

Posting Komentar Blogger