INGIN IKLAN ANDA DISINI ?
Dapatkan Tawaran Menarik
Silahkan Kontak Admin
Terima Kasih



QS.Al-Imran :104

Lafal ayat.

ولتكن منكم أمة يدعون إلى الخير ويأمرون بالمعروف وينهون عن المنكر وأولئك هم المفلحون 

104. dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar merekalah orang-orang yang beruntung.

Penjelasan ayat.

Dalam ayat ini Allah menjelaskan ,bahwa harus ada hendaknya satu kelompok yang pemikiran serta sikapnya pantas untuk diteladani dan didengar nasehatnya.Mereka itu tidak pernah bosan-bosannya menyeru kepada kebaikan seperti amal makruf dan melarang kepada yang mungkar.Bahkan ayat ini bertujuan bukan saja kepada satu orang saja tapi kepad a semua orang yang mendengarnya.

Ayat ini banyak mengandung perintah diantaranya adalah :
  1. Perintah melaksanakan da’wah. 
  2. Agar dalam menyampaikan dakwah itu mengarah kepada kebaikan dan makruf serta mencegah kemungkaran. 

Lafat Hadist.

لمفانهبيدفليغيرهمنكرامنكمرأمنيقولمصاللهلرسوسمعتالجدريسعيدابيعن (مسلمرواه)الايماناضعافوذالكفبقلبهيستطعلمفانفبيلسانهيستطع

Arti Mufradat.

رأمن : Melihat.

فليغيرهم : Maka merubah dianya.

فبقلبه : Maka hatinya.

اضعاف : Mahamelihat

Terjemahan.

:”Dari Abu Said al- Khudri aku mendengar Rasulullah SAW .bersabda ,”Siapapun diantaramu yang melihat mungkaran,henkdaklah mengubahnya dengan tangan dan kekuasaannya. Apabila tidak bisa dengan cara ini, hendaklah dengan lisannya, Apabila dengan cara ini tidak mampu, hendaklah dengan hatin ya. Dan demikian itu (mengubah dengan hati) adalah termasuk selemah-lemahnya iman (HR.Muslim).

Penjelasan hadist.

Didalam hadist ini dijelaskan bahwa apabila seseoramng melihat suatu kemungkaran maka diaberkewajiban menegur dengan cara kekuataanya,tapi abila dia tidak sanggup menjalankannya dengan kekuatan maka dengan lisannya juga apabila dengan cara ini dia tidak mampu maka harus juga dilakukan dengan cara hatinya,maka inilah suatu metode yang selemah - lemahnya iman seseorang dalam menegakkan kebaikan dalam mengharapkan ridhonya tuhan.

Posting Komentar Blogger