INGIN IKLAN ANDA DISINI ?
Dapatkan Tawaran Menarik
Silahkan Kontak Admin
Terima Kasih


Penjelaskan Peranan Dalil Dalam Ilmu Kalam - Fungsi ilmu kalam yaitu :

  1. Memperkenalkan aliran-aliran kalam dalam Islam sehingga umat Islam semakin kritis dan bisa mencari aliran yang sesuai.
  2. Dapat memperkokoh keyakinan umat Islam yang diwujudkan dalam perilaku akhlak
  3. Meningkatkan pemahaman manusia sehingga menjadi muslim yang penuh tanggung jawab dan bijaksana dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  4. Bisa mengenal dan meyakini Tuhan melalui argumentasi rasional
  5. Membedakan kajian agama dan logika
  6. Memurnikan keyakinan manusia tentang keesaan Allah
  7. Mempertahankan aqidah dari serangan luar yang berbentuk argumentasai-argumentasi filosofis.

http://www.ponpeshamka.com/2015/10/penjelaskan-peranan-dalil-dalam-ilmu.html

Ada dua dalil dalam ilmu kalam yakni dalil naqal (wahyu) dan dalil akal (rasio) alam pikiran. Dalil naqal dalam ilmu kalam berperan untuk menetapkan batas-batas wewenang akal/pemikiran dalam mengkaji masalah ketuhanan. Sedangkan dalil aqal berperan untuk menjabarkan persoalan ketuhanan agar dapat dimengerti oleh orang yang mendalaminya, di samping menafsirkan ayat-ayat mutasyabihat yang banyak bersentuhan dengan ilmu kalam.

Para mutakallimin mempunyai ciri khusus dalam membahas Ilmu kalam. Mereka menggunakan akal untuk mencari Tuhan, tetapi mereka tidak puas karena ada dogma yang berada di luar jangkauan kekuasaan akal manusia. Menurut para pemikir barat, dogma itu berada di bawah akal agar dogma itu tidak dihikumi noleh akal, maka rahasia dogma itu tidak menjadi rahasia lagi. Dogma akan menjadi lumpuh karena bertentangan dengan akal, kemudian ditolaknya.


Mengenai nash-nash mutasyabihat, para mutakallimin tidak puas dengan beriman secara ijma saja, tanpa mengadakan takwil. Mereka mengumpulkan nash-nash yang pada lahirnya bertentangan. Mereka menakwilkan nash-nash tersebut dan takwil itu adalah ciri khusus daripada mutakallimin. Menakwilkan nash-nash ini memberikan kebebasan kepada akal untuk membahas dan memikirkannya.

Posting Komentar Blogger